Search
  • Welly Tambunan

Decentralized Team Platform

Ide ini terinspirasi dari loom.com yang cukup menarik untuk digunakan. terutama untuk yang bekerja secara remote. Aku baru saja nemu dari tutorial yang ada di dtb.com dan langsung aku cobain. Dan menarik juga karena bisa melakukan kolaborasi dan komunikasi async dengan video jadi tidak sync blocking meeting yang menghabiskan banyak waktu semua orang.




Sebelumnya aku juga sudah menerapkan remote working culture pada kantor sebelumnya di kata.ai. Aku juga belajar disana dan kami menggunakan basecamp dan gitlab untuk melakukan komunikasi dan menjelaskan secara async. Jadi tidak ada lagi daily meeting yang membosankan. Tapi basecamp hanya berupa tulisan. Jadi diharapkan semua bisa menulis dengan terstruktur dan jelas. So far so good sih. Untuk detail lebih details mengenai alasan dibelakang async communication itu bisa diliat di page basecamp berikut ini.


Berikut buku yang cukup menarik dibaca. Benar2 spot on. Coba baca deh, pasti gak nyesal. Tapi di implement ya. Haha. Biar lebih seru. Changing mindset.


Nah jadi aku dapat ide dengan melakukan kombinasi keduanya. Loom + Basecamp. Hal2 yang butuh adhoc dan penjelasan dengan santai dan how to akan lebih baik dilakukan secara video. Atau juga komentar. Ini bisa memberikan kesan keakabraban yang lebih baik. Pasti lebih mudah untuk memaafkan kesalahan ngomong dibandingkan tulisan.


Tapi hal yang dapat digunakan kembali atau juga merupakan hal yang harus di share secara resmi harus dibuat secara teratur dengan tulisan sehingga bisa menjelaskan kesimpulan. Ini bahkan lebih dipermudah jika kita dapat merekam videos dan juga akan di generate captions nya. Itu bisa di index dan dapat di search juga di summarize. Hanya mungkin untuk yang berbahasa indonesia masih belum ada atau jarang.


Dengan melakukan kombinasi text dan videos lebih memberikan kesan sosialisasi dan juga membuat suasana lebih dekat. Di video tentu saja bisa bercanda karena bisa bercanda dan juga lebih santai. Setiap media ada tempatnya.



Cheers

46 views0 comments