Search
  • Welly Tambunan

Indonesia Kaya dan Merdeka dengan Informatika





Beberapa minggu belakangan ini aku membaca buku dari Pak Saswinadi Sasmojo yang dulu adalah Direktur Politeknik Informatika DEL (sekarang IT-DEL). Pak Sas ini adalah guru dari Bu Inggriani Liem atau bu inge yang merupakan dosen ku. Berarti Pak sas bisa dianggap sebagai kakek guru. :)


Oh ya, satu lagi.. Pak Sas adalah Direktur yang berkesan karena memberikan hukuman skorsing 1 minggu untuk ku. Yah. Cerita lama yang sekarang menjadi cerita yang berkesan manis. Nanti pasti aku ceritain deh. Tapi sekarang aku coba jelasin apa yang menarik dari buku Pengindustrian Intelligensi.



Mungkin kita sudah tau bahwa indonesia bergantung banyak dengan teknologi luar negeri. Lihat saja dengan banyak nya perusahaan seperti google, facebook, microsoft, amazon dan yang lain mempunyai user yang sangat besar di Indonesia. Sedangkan market indonesia sangat besar, akan tetapi kita tidak menguasai pasar domestik tersebut.


Tentu saja kita tidak ingin menjadi negara yang tertutup terhadap kemajuan bangsa lain. Tapi jangan sampai kita tidak menjadi pemain di dalam negara sendiri dalam berteknologi. Saya akan membahas fokus pada teknologi informatika.


Aku beranggapan bahwa kita tetap dapat mengadaptasikan teknologi luar seperti open source software akan tetapi diadaptasikan dengan kebutuhan dan budaya lokal. Tentu saja ini penting supaya gak salah langkah dan merusak tatanan budaya dan juga merusak lingkungan.


Teknologi open source dapat dimodifikasikan dan digunakan untuk perkembangan industri pada bidang budidaya, pariwisata dan kriya. Kita mempunyai alam yang sangat kaya dan negara kita ini sangat luas dan besar kawasan nya. Dengan adanya teknologi open source yang dikembangkan untuk menjawab kebutuhan lokal dalam negeri. Kita dapat memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh negara lain. Yaitu kemaritiman dan bonus demografis.


Dari sisi informatika, kita dapat membuat open source software yang dibangun secara internal dan bisa berkontribusi juga ke dunia open source international. Hal ini membuat negara kita dikenal bukan hanya sebagai pemakai saja tetapi juga pencipta yang sejajar dengan negara maju.


Dengan demikian kita tidak lagi menganggap teknologi informatika sebagai teknologi yang black box tetapi dapat dipahami sehingga tidak membahayakan keamanan negara dalam hal data privacy, security dan negara. Hal ini membuat negara kita mempunyai jaringan terintegrasi yang transparan dan berkualitas tinggi. Karena merupakan karya bangsa sendiri yang sesuai dengan pancasila. Tidak lagi menjadi candu terhadap luar negeri.


Contohnya kita lihat saja industri yang menjadi sasaran dari pemerintah seperti UMKM yang sangat banyak menjamur. Banyak nya startup yang mulai menjamur dan membuat semua perkakas dari awal sehingga biaya menjadi sangat tinggi dan sulit mendapatkan tenaga kerja yang cukup tangguh untuk melayani permintaan pasar dan menunjang kelangsungan bisnis.


Oleh karena itu, program untuk memaksimalkan potensi insani sangat penting, karena tanpa pasukan informatika yang andal, kita dengan terpaksa harus mengimpor tenaga ahli dari luar negeri. Yang akan sangat menguras devisa yang kita punyai. Kita harus mengurangi import dan memperbanyak export. Sehingga cadangan devisi menjadi besar dan dapat membiayai riset dalam negeri.





Budi Daya dan Bioteknologi


Teknologi seperti bioteknologi berperan besar dalam bidang budi daya. Di IT-DEL kita memiliki jurusan bioprocess engineering. Ini merupakan salah satu strategi yang sangat potensial mengingat lokasi IT-DEL di daerah toba samosir, laguboti dimana banyak pertanian dan budaya bercocok tanam yang sangat tinggi. Harapan nya IT-DEL dapat menjadi terang dunia dalam membawa pembangunan budi daya seperti pertanian, perikanan, perkebunan dan yang lain.


Bioteknologi dapat dimanfaatkan untuk membuat solusi melawan hama, daya tahan terhadap perubahaan iklim dan cuaca dan masih banyak lagi. Dengan dukungan lingkungan dan pemerintah, harapan nya lulusan dari IT-DEL tidak lagi mencari pekerjaan di luar kampung tobasa akan tetapi menjadi embrio yang membawa kampung tobasa menjadi inti dari lahirnya inovasi teknologi dalam bidang budi daya.


Kita juga bisa memainkan bioteknologi untuk bahan pangan organik yang memberikan nutris dan dijamin kesehatan nya. Meskipun harganya sedikit lebih mahal akan tetapi dengan kualitas tinggi dan bantuan teknologi kita dapat menghasilkan barang export dari sisi pangan yang berkualitas tinggi dan mempunyai added value.


Kriya dan Teknik Material


Budaya indonesia yang kaya mendukung banyak nya jenis kerajinan tangan dari budaya yang sudah berakar dalam di masyarakat indonesia yang bervariasi. Potensi ini dapat dimaksimalkan dengan bantuan teknologi material untuk menghasilkan bahan yang lebih baik sehingga menghasilkan kerajinan tangan yang tahan lama dan unik.


Dengan berfokus kepada bahan baku seperti kayu, besi dan banyak materi yang lazim digunakan untuk karya tersebut, kita dapat menghasilkan banyak inovasi dalam teknologi dan meningkatkan industri kriya.


Pariwisata dan Teknik Komunikasi dan Informatika


Sumatera Utara terutama daerah danau toba memiliki potensi yang besar untuk hal ini. Suasana yang tenang dan asri juga sejarah dan panorama alam yang indah membuat Danau Toba tidak kalah dari objek wisata lain seperti Bali. Hanya saja pemanfaatan teknologi ICT harus lebih dipertajam sehingga danau toba tidak menjadi daerah yang indah tapi terpencil tetapi juga berteknologi.


Hal ini tentu saja harus dibarengi dengan keramah tamahan dari warga dan pengembangan jiwa melayani yang dapat dikembangkan dari potensi insani. Para wisatawan pasti membutuhkan banyak pertolongan dan akan lebih baik teknologi dan unsur empathy manusia dapat dipadukan dan saling memperkuat pelayanan terhadap turis dalam negeri dan mancanegara.


Teknologi dapat digunakan untuk membantu para penduduk sekitar lebih lancar dalam berbahasa inggris ataupun asing. Sehingga para wisatawan feels like home tanpa harus mengorbankan kebudayaan lokal. Teknologi informatika dapat digunakan untuk memberikan kemampuan translasi bahasa, membantu komunikasi sehari-hari. Memberikan model untuk pricing dari barang barang ataupun souvenir. Memberikan peta terhadap objek wisata yang berdekatan sehingga dapat mengatur itenary dengan mudah.


Tapi teknologi tersebut sebaiknya bertumpu pada manusia sehingga teknologi mobile menjadi personal assistant untuk penduduk setempat dan juga wisatawan. Jika kita dapat membuat para penduduk menjadi lebih bersahabat dengan insentif dari pemerintah setempat maka wilayah danau toba bisa menjadi tempat yang dapat menunjukkan budaya indonesia yang sopan dan santun kepada seluruh dunia dan banyak yang ingin merasakannya secara langsung.


Kombinasi dengan Teknik Informatika


Kita juga dapat menggabungkan komponen di atas mulai dari budidaya, kriya dan pariwisata jadi satu kesatuan service yang dapat dirasakan sebagai satu paket. Informatika bisa memainkan peranan yang sangat penting pada hal ini.


Berdasarkan ilmu software engineering terutama dalam produk desain. Kita harus selalu berfokus pada kepuasan customer. Customer Focus atau Customer First atau Customer Centric dan User Experience. Tentu saja target besar customer kita adalah masyarakat di seluruh penjuru dunia, dengan catatan kebutuhan domestik telah dipenuhi. Dengan menargetkan dunia global maka kita dapat meraup devisa yang bisa dijadikan sebagai bahan bakar pusat Inovasi Indonesia terutama dalam bidang investasi teknologi.


Berikut adalah salah satu contoh customer scenario untuk ide yang digagas di atas.


Skenario #1 - Pariwisata Danau Toba


John Doe penduduk dari US membuka website Facebook. Pada saat dia berselunjur di website tersebut, dia mendapati iklan mengenai toys/games yang unik dari Indonesia. Dia mencoba game Pora-pora tersebut dan menjadi sangat tertarik untuk menggali lebih dalam mengenai danau toba. Pada game tersebut setelah disertakan alamat situs danau toba yang dilengkapi dengan augmented dan virtual reality experience mengenai danau toba.


Pada virtual reality tersebut John dapat melihat kebudayaan, masakan dan juga banyak benda unik dan item yang sesuai dengan games yang dicoba sebelumnya. Hal ini membuatnya tertarik untuk berkunjung atau membeli barang-barang tersebut secara online. Dengan kupon yang didapatkan dari games facebook dia dapat membeli tiket dengan diskon jika melakukan referal kepada teman lain di facebook.


Akan lebih baik tidak calon customer tersebut diladeni bukan dengan mesin atau bot yang, tetapi berfokus pada iteraksi dan hospitality dari penduduk setempat yang difasilitasi secara virtual. Dengan hal ini interaksi bisa menjadi lebih hangat dan lebih menarik atraksi lebih banyak lagi. Word of mounth merupakan senjata untuk mencapai network effect.


Kita harus bisa mencari dan memanfaatkan tempat dimana para target customer nongkrong yang kebanyakan adalah di social media. Kita harus secara aktif menjemput bola dan tidak hanya pasif. Dengan teknologi kita dapat menyisipkan iklan pada tempat-tempat yang strategis di dunia internet. Informatika dapat digunakan untuk mencari tahu lokasi tersebut dan membuat konten yang sesuai dengan target customer.


Ini bisa di instagram, facebook, tiktok ataupun masih banyak lagi yang lain. Bahkan pada channel discord yang sering digunakan untuk games dapat dibuat games virtual reality yang menarik untuk dimainkan dan berkualitas dunia.


Skenario #2 - Ikan Mas Arsik Parapat


Skenario #3 - Patung Ukiran Tomok Samosir


On Site - Real experience


Jembatan antara Virtual Experience and Real Experience.


.....


Ayo, dengan semangat membangun bangsa kita berjuang bahu membahu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Bukan hanya menjadi pengguna tapi juga pencipta hal yang sangat dibutuhkan bagi negeri.


Sebagai profesional saya juga akan berjuang untuk membantu dari sisi pendidikan dan juga menyumbangkan kemampuan yang didapat dari pengalaman kerja selama ini. Meskipun dengan membagi ilmu yang sedikit tetapi harapan nya dapat dilakukan secara konsisten dan mempunyai kualitas yang dapat membantu.


Pada akhirnya kita sebagai bangsa tetap harus memberikan dukungan kepada perguruan tinggi yang berperan sebagai knowledge creator yang harus menghasilkan pemikiran yang akan berguna untuk mengantisipasi kebutuhan bangsa yang jauh dimata. Sebagai pelajar dan mahasiswa, harapan nya dalam menjadi agent of change dan knowledge carrier dan menjembatani ilmu yang sudah ada di perguruan tinggi sehingga dapat digunakan dan mendapatkan investasi dari industri dan negara. Dengan demikian ekosistem sains dan teknologi menjadi padu dan dapat menjadi daya ungkit bagi negara kita di kancah dunia.


Mari kita menciptakan lingkungan yang mendukung kemajuan sains dan teknologi. Jangan sampai kita dijajah oleh bangsa luar dan malahan dijajah oleh bangsa sendiri secara tidak sadar. Banyak hal yang dapat dilakukan akan tetapi mari kita memulai dari diri kita sendiri. Sehingga kita dapat membina budaya yang baik dan membinasakan budaya yang buruk sehingga kemajuan sains dan teknologi bukan hanya mimpi dan angan angan saja.


Salam



78 views0 comments

Recent Posts

See All