Search
  • Welly Tambunan

Java ditinggal lebih dari 10 tahun

Aku berkenalan dengan Java ketika di kuliah IT-DEL kira-kira tahun 2005. Bahasa itu merupakan bahasa yang kupelajari setelah bahasa C. Anak-anak DEL terkenal fanatik dengan bahasa pemrograman yang satu ini. Karena pada waktu itu enterprise sedang getol-getol nya untuk investasi di Java.


Di akhir semester dua aku sudah mempelajari Java dengan menggunakan buku Java How to Program deitel yang ada gambar lebah atau semut. Lupa. Aku berusaha melakukan instalasi Java dengan dibantu oleh dosen Gandhi Manalu untuk melakukan setting PATH dan CLASSPATH.


Pelajaran Java satu semester sudah kuselesaikan pada waktu liburan kalau gak salah sampai bagian multithreading. Jadi pas masuk kelas dah gak kagok lagi. Disitu bagiku menarik sekali karena seperti ada kehidupan yang berbeda dengan pemrograman object oriented dan multithreaded.


Setelah dikenal menjadi mania Java akhirnya aku menemukan bahasa lain yaitu C# 3 dan platform .NET 5 yang ternyata cukup cepat dan modern kelihatan nya. Java pada waktu itu masih di Java 5 dan cukup ketinggalan karena SUN menghadapi kebangkrutan dan akan di akuisisi oleh Oracle. Aku pun jadi malas belajar Java karena kelihatan nya gitu-gitu saja.


Aku pun membandingkan Java vs C# dengan kemenangan telak untuk C# 3.0


https://weltam.wordpress.com/2010/01/31/1-java-vs-c-properties/

https://weltam.wordpress.com/2010/01/31/2-java-vs-c-indexers/

https://weltam.wordpress.com/2010/01/31/3-java-vs-c-delegates-and-events/

https://weltam.wordpress.com/2010/01/31/4-java-vs-c-head-to-head-linq/

https://weltam.wordpress.com/2010/01/31/5-java-vs-c-lamda-expression/

https://weltam.wordpress.com/2010/01/31/6-java-vs-c-extension-method/


Nah sekarang setelah 10 tahun kemudian kita sudah menyaksikan bahwa Java lagi ngebut banget. Dan dengan berumurnya 25 tahun semakin matang dan tangguh. Fitur language dan bahasa juga sangat berkembang pesat. Gak bisa dipungkiri kalau JVM adalah de best VM untuk managed language.


https://www.oracle.com/java/moved-by-java/


Di perusahaan sekarang Scifin Technologies, core engine dibangun dengan menggunakan Java. Mari kita lihat fitur Java 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15 yang telah lama kita tinggalkan.


Java 8



36 views0 comments

Recent Posts

See All