Teknologi Jakarta Automated Trading System (JATS)




Teknologi IDX


Kemaren secara tak sengaja iseng-iseng browsing mengenai teknologi yang ada di IDX. Hal ini cukup menarik untuk dipelajari mengenai kemajuan teknologi seperti apa yang ada di capital market indonesia. Oleh karena sekarang bidang yang saya geluti adalah financial technology maka ini cukup menantang.


Semua yang saya bahas dapat diakses secara online dari file pdf berikut mengenai SK Perubahan Pedoman Mediator Remote Trading. Ini adalah dokumen yang digunakan oleh partner bursa yang mendapat kewenangan menyediakan fasilitas trading online. Partner tersebut bisa merupakan broker, dealer atau pihak yang diberi kewenangan.


Meskipun dokumen tersebut tidak spesifik menjelaskan apa isi dibalik IDX sendiri, tetapi kita dapat menduga-duga kemungkinan yang ada dibalik layar IDX dari interaksi yang dibutuhkan dengan server mereka.


Hal yang berhubungan dengan teknologi dimulai dari halaman Lampiran 1.


FIX, OUCH dan ITCH Engine


Dapat kita lihat disini IDX sudah menggunakan protokol standard yang digunakan di dunia trading yaitu FIX. Ini merupakan protokol yang dipakai disemua bursa di dunia. Versi yang digunakan menurut SK tersebut adalah FIX4.2, FIX4.4, FIX5.


Protokol kedua yang di support adalah ITCH yang merupakan protokol yang diperkenalkan oleh NASDAQ yang kemudian di adopsi oleh dunia. Mengenai protokol yang ada di dunia elektronik trading anda bisa melihat di halaman wikipedia berikut. IDX juga mendukung OUCH client yang juga dikembangkan pertama kali oleh NASDAQ. ITCH dan OUCH digunakan untuk pertukaran message secara low latency dan point to point, hal ini merupakan kebutuhan di dunia elektronik trading yang membutuhkan predictable latency untuk pengambilan keputusan. FIX versi lama merupakan protokol yang berbasis ASCII. Oleh karena itu performancenya tidak sebagus versi FIX yang menggunakan binary serializer yaitu SBE.


Client yang digunakan untuk ITCH dan OUCH adalah SoupBinTCP yang juga digunakan oleh NASDAQ untuk menjembatani dua endpoint di level transport. Transport yang digunakan adalah TCP.


Sistem Operasi Server


Bagian yang cukup menggelitik adalah bagian antivirus, dimana ini memberikan hint bahwa server yang ada kemungkinan merupakan windows server. Hal ini cukup berbeda dari kebanyakan server os yang digunakan sekarang ini. Mungkin IDX dan banyak perusahaan pemerintah lain nya menggunakan Windows Server yang dibesut oleh Microsoft. Dapat dikatakan ini merupakan peninggalan bersejarah yang masih belum di update menggunakan teknologi terbaru.




Spesifikasi Protocol Derivatif, ORI, Equity


Pada bagian terakhir dibahas secara detail mengenai interaksi message yang dipertukarkan antara IDX dan partner. Bagi yang belum terbiasa membaca spesifikasi atau RFC dan standard, bagian tersebut pasti cukup membingungkan. Terutama yang tidak mendapatkan ilmu komputer mengenai networking atau jaringan komputer.


Protokol merupakan aturan yang terstruktur mengenai cara iteraksi, request response, mekanisme penanganan error, message duplication, retry and reconnection dan juga session management. Hal ini jarang digunakan oleh programmer kebanyakan yang fokus berkutat di aplikasi bisnis yang tidak membutuhkan banyak protokol. Akan tetapi finance merupakan dunia yang cukup berbeda dari industry lain.


Kesimpulan


Dari pembacaan dokumen tersebut saya dapat mengambil kesimpulan bahwa IDX menerapkan standard akan tetapi bukan yang terbaru dan juga yang paling efisien. Hal ini diharapkan dapat berubah didalam waktu dekat.


Teknologi server dan infrakstruktur network yang digunakan juga masih belum terbaru. Diharapkan bisa diarahkan lebih ke teknologi dan monitoring yang lebih modern sehingga dapat melayani lebih banyak request.


Harapan nya dengan kapasitas teknologi yang lebih mumpuni dapat dihasilkan market yang lebih efisien. Meskipun mungkin untuk saat ini bisa diambil banyak cara untuk mengatasi masalah load dengan aturan yang ditetapkan, tetap saja workaround harus dibenahi dan ditinjau.


Finance merupakan bidang dimana adopsi teknologi sangat berjalan cepat. NASDAQ sudah mencetuskan bahwa matching engine akan di migrasi ke AWS. Sementara CME sudah mengumumkan partnership dengan GCP


Tinggal menunggu saja waktunya IDX akan mengumumkan partnership ke cloud yang mana. Sehingga dapat melakukan terobosan dan integrasi dengan teknologi data analytics, streaming technology dan memberikan akses lebih banyak ke masyarakat atau retail. Kemajuan negara juga ditentukan oleh kualitas capital marketnya. Anda dapat melihat siklus ekonomi yang dijelaskan oleh Ray Dalio



11 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua